Makna

Mengenai Saya

Foto saya
Medan, Indonesia
Simple Personality

Fakta dan Teror Air Zam Zam

post on: Jumat, 13 Mei 2011
Setiap tahun bahkan setiap bulan, ada saja perjalanan yang dilakukan orang untuk datang ke rumah Allah (Baitullah) di Makkah Al-Mukarramah baik haji maupun umrah. Maka tidak akan asing di telinga kita bila mendengar air zam-zam dijadikan air minuman langsung tanpa harus memasaknya terlebih dahulu, air yang siap pakai dan bisa ditemukan dimana saja disetiap sudut Masjidil Kharam yang telah disediakan bagi orang-orang dahaga.

Lalu bagaimanakah kita sebagai ummat Islam meyakini air zam-zam ini bukanlah air kebanyakan?

Air ini memiliki sejarah yang sangat fenomenal bagi kita ummat Islam, melalui perjuangan Ibunda Siti Hajar, berlari-lari diantara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali untuk menemukan setetes air demi anaknya Ismail a.s.
Ketika itu sudah kehabisan bekal yang ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim a.s. Ketika ia merasa lelah terdengar suara tangis anaknya Ismail sambil menghentak-hentakkan kakinya ke tanah kemudian dengan izin Allah SWT dari situ memancar air, akhirnya ia mengepung air tersebut dengan mengatakan 'zummi, zummi' (berkumpullah, berkumpullah), yang sekarang ini kita kenal dengan nama zam zam.

Air yang tidak pernah kering meskipun di musim panas dan letaknya di tengah padang pasir, hujan yang hanya turun beberapa kali saja dalam setahun, namun tidak membuat sumur ini surut. Air sumur yang ukurannya tidak lebih dari 4x5 meter sedalam 40-an meter ini tidak berhenti mengeluarkan airnya meskipun diminum berjuta-juta orang diseluruh dunia. Tidak hanya cukup sampai disitu, air zam-zam juga dijadikan hadiah untuk sanak keluarga, jika diperhitungkan, sudah berapa juta liter tersebut diminum, akan tetapi sebanyak apa pun yang diambil, airnya tidak akan pernah berkurang apalagi sampai mengerimg, maka Maha Benarlah Allah AL-Khalik yang menciptakan segala sesuatu.

Sebelumnya sumur ini pernah dihancurkan oleh Jurhum (satu kabilah dari Yaman), karena ketamakan mereka ingin menguasai sumur ini, Allah kemudian menutupnya dan menghilangkan tanda-tandanya hingga Abdul Muthalib kakek Rasulullah SAW melihatnya dalam mimpi yang menjelaskan tempat sumur zam zam tersebut sehingga airnya dapat kita nikmati sampai hari ini.

Air zam-zam memiliki banyak keunikan, diantaranya telah melalui proses penyaringan secara alami melalui bebatuan dan lapisan pasir, jika dilihat dari gambar satelit, sumur ini tersambung dengan laut merah yang bersatu dibawah satu titik dibawah Ka'bah, maka tidak heran jika air ini tidak habis sepanjang zaman.
Kejernihan dan khasit air ini juga mengandung mineral dan zat yang dibutuhkan tubuh, diantaranya kalsium, fosfat, magnesium dan sulfur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter dari Yokohama Jepang, ia menemukan bahwa air zam-zam ini memiliki struktur yang unik dan memiliki "The true power of water" (kekuatan penyembuhan yang luar biasa). Dokter ini juga melakukan penelitian dengan menjadikan air zam-zam mengkristal, lalu ia bedakan dengan air dari sumber lain. Yang terjadi adalah kristal air zam-zam membentuk konfigurasi terindah, teratur seperti berlian yang berkilauan dan memancarkan warna-warna indah.

Sebelumnya Rasulullah SAW sudah terlebih dahulu melakukan hal itu, ketika kembali ke Madinah dengan membawa air zam-zam untuk dipercikkan kepada orang-orang yang sakit dan meminumkan airnya.
Nabi SAW menambahkan : "Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jija meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. "Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail".
(HR.Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas)

Diriwayat dalam shahih Muslim, Nabi bertanya kepada Abu Dzarr, yang telah tinggal selama 30 hari siang malam disekitar Ka'bah tanpa makan-minum, selain zam-zam. "Siapa yang telah memberimu makan?" "Saya tidak punya apa-apa kecuali air zam-zam ini, tapi saya bisa gemuk dengan adanya gumpalan lemak di perutku".
Abu Dzarr menjelaskan, "Saya juga tidak merasa lelah atau lemah karena lapar, dan tidak merasa kurus", tambah Abu Dzarr.
Lalu Nabi SAW menjelaskan : "Sesungguhnya Zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi".

Fakta-fakta inilah yang membuat gerah dunia barat, mereka mengatakan bahwa air zam-zam adalah air yang tidak sehat dan tidak layak untuk dikonsumsi dan menarik peredarannya dibeberapa toko. Mereka mengatakan bahwa air zam-zam sudah tercemar dan mengandung berbagai virus. Bahkan mereka meyakini bahwa air zam-zam adalah air limbah yang berkumpul dibawah Ka'bah, karena posisi sumur zam-zam berada di tempat yang paling rendah di kota Makkah.

Hal semacam ini bukan untuk yang pertama kali dilakukan oleh dunia barat untuk menanamkan keragu-raguan pada setiap Muslim bahwa air zam-zam tidak layak diminum.

Pada tahun 1971 kerajaan Arab Saudi sudah pernah mengirim sampel air zam-zam ke sebuah laboratorium di Eropa untuk menguji kelayakannya sebagai air minum. Pengambilan sampel ini dilakukan oleh seorang Insinyur kimia yang bernama Muinuddin Akhmad dari Departemdn Pertanian dan Irigasi Kerajaan Saudi Arabia. Itu adalah kali pertamanya ia melihat sumur zam-zam dengan mata kepalanya secara langsung, ia berhadapan dengan sesuatu hal yang luar biasa, bukanlah perkara yang mudah baginya untuk percaya tentang keberkahan air ini yang ukuran sumbernya sangat kecil akan tetapi mampu memenuhi jutaan gallon air setiap tahun bahkan setiap hari.

Suatu hal yang sangat menakjubkan terjadi adalah saat ia masuk kedalam sumur zam-zam, ternyata sumur ini tidak memiliki lubang mata air, lalu dari mana kah datangnya?
Hal ini membuatnya menjadi penasaran sehingga ia berinisiatif untuk mengeringkan sumur zam-zam dengan cara menyedot dengan pompa yang besar untuk mengetahui dari mana sumber air tersebut datangnya.
Akan tetapi air tersebut tidak pernah susut atau berkurang walau sedikit pun, bahkan ia merasakan bahwa pasir-pasir yang ada didasar sumur zam-zam terus bergerak sesuai dengan kekuatan pompan besar yang menyedot air tersebut. Ternya sebanyak apapun air yang disedot maka sebanyak itu pula lah air yang datang untuk menggantikannya. Sebab itulah air zam-zam tidak pernah berkurang sedikit pun dari ukurannya walau disedot sebesar apapun.

Gagalnya usaha dunia barat untuk menanamkan keraguan pada mu'jizat air zam-zam setelah beberapa laboratorium di Eropa menyatakan kalau air zam-zam layak untuk diminum. Bahkan dunia sudah mengakui bahwa air zam-zam layak dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Namun kini Inggris kembali mengumumkan kalau air zam-zam tidak layak dikonsumsi dengan alasan yang sama.

Sebagai seorang Muslim tentu saja kita tidak bisa menerima hal itu dengan mudah melainkan harus diteliti terlebih dahulu apa tujuan Inggris kembali mengumumkan hal ini.

(Dikutip dari Mimbar Islam (Harian Analisa)
Oleh : Ulya Hikmah SP Lc.

POSTING BERKAITAN
TEMPLATE DESIGN BY
m-template | by: bagas96

masih 0 komentar untuk Fakta dan Teror Air Zam Zam

Posting Komentar

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Powered by blogger.com
Black V3 Mobile Template